My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah berkunjung disini, Saya berharap semoga artikel di Blog ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

Catatan Pesan :

"Aku tidak pernah tahu hari akhir yang akan ditetapkan untukku, maka kujadikan hari-hariku seluruhnya layaknya hari terakhir, karena bisa saja dan pasti datangnya diantara hari-hariku nanti ada yang menjadi hari terakhir bagiku..."

Yan Sofyanz

    -

07 Oktober 2012

Manfaat Dibalik (tidak) Terkabulnya Do'a Kita

Kadang kita merasa kecewa dan berburuk sangka terhadap Allah, “mengapa do'a kita terasa sia-sia?”, jengkel pasti juga dirasakan, tetapi perlu kita ketahui bahwa Allah mempunyai tujuan untuk tidak mengabulkan do'a kita.

Sepertinya setiap orang ingin memaksa Allah agar semua kemauannya terlaksanakan, sehingga  mereka sering lupa diri  bahwa sebagai mahluk, kita hanya mampu berikhtiar  sekuat tenaga, toh hasilnya nanti  terserah Allah, kalau memang harapan yang  diimpikan orang itu  baik dan manfaat bagi masa depannya, pasti semuanya akan dipermudah, Allah akan membimbing mahluknya pada jalan itu dengan ridhonya. Sebaliknya jika harapan itu tidak baik dan hanya akan  menjadi boomerang,jangan tanya kenapa Allah tidak mengabulkan do'a dan cita-cita kita.

Semua Do'a Pasti Diterima

Jika ada orang yang mengatakan bahwa Allah tidak mendengar do'a mahluknya maka ketahuilah bahwa orang tersebut sedang  menghina Allah dan telah tidak beradab denganNya. Allah maha mendengar dan maha mengabulkan semua do'a mahluknya. Dalam Al-qur’an jelas di nyatakan:
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ( AlBaqarah 186 ).
Apakah ini bertentangan dengan keterangan lain yang menyatakan sebab-sebab tidak terkabulnya sebuah do'a atau memang ayat diatas terlalu umum sehingga tidak cocok dengan kenyataan yang ada?

semua do'a memang terkabul dan didengar oleh Allah, hanya saja terkadang Allah tidak harus mengabulkan do'a itu apa adanya. Bagaimanapun Allah sering menggantikan sesuatu yang kita harapkan dengan perkara lain yang lebih indah dan manfaat bagi hambanya. Oleh karena itu banyak manusia akhirnya tersadarkan bahwa selama ini apa yang ia harapkan adalah sesuatu yang tidak begitu manfaat bagi dirinya, karena Allah telah membeberikan rencana lain yang lebih tepat untuk kita  dan  pastinya lebih memberikan banyak maslahat daripada harapan-harapan yang telah kita ikhtiarkan. Hikmah dari segala kejadian yang telah lewat akan terkuak setelah manusia sadar akan hal ini.

Satu rahasia lagi yang harus kita sadari, bahwa do'a adalah ibadah, Allah sangat senang jika ada hamba yang membutuhkanNya sehingga ia selalu berdo'a dan meminta kepadaNya. Terkadang Allah sengaja  memberikan mahluknya hukuman berupa musibah yang amat berat dan menjadikan orang yang tertimpa musibah itu akhirnya sadar, taubat dan kembali kepada jalan yang diridhaiNya. Dengan musibah Seolah-olah Allah memaksa kita untuk selalu mengingatNya!

Manfaat Penunda'an Terkabulnya Do'a

Jangan anggap remeh do'a-do'a kita selama ini, toh tidak ada do'a yang tidak didengar, walaupun kenyataannya tidak satupun permintaan yang terkabulkan sesungguhnya doa-doa kita selama ini adalah sebuah amal baik yang akan digantikan oleh Allah dihari kelak. Berdoa sama saja dengan beramal baik kepada diri sendiri. Menurut satu keterangan : ketika manusia telah mati dan dihisab di depan Allah, banyak yang terheran-heran dengan amal baik yang tidak pernah mereka lakukan didunia. Allah menjawab.: Itu adalah kumpulan doa-doa baikmu di dunia, sengaja Aku tidak mengabulkannya pada saat kamu masih berada di alam dunia karena doa-doa ini akan menjadi pahala yang bisa memberatkan timbangan amal baikmu di akhirat ini. Setelah sadar dengan kabar ini, akhirnya banyak manusia yang bersyukur atas penangguhan terkabulnya doa-doa itu hingga diberikan pada saat yang paling tepat saat manusia butuh amal baik.

Wallahu a'lam bi showab.
Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya di :: Sekedar Berbagi Rasa ::

Artikel Manfaat Dibalik (tidak) Terkabulnya Do'a Kita Dipublikasikan pada hari Minggu, Oktober 07, 2012. Semoga Tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah Wawasan Kita semua. Terimakasih telah berkunjung di Blog ini serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jazakumullahu khoiron.


Next Prev home
Alexa Rank
TopOfBlogs Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary