My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah berkunjung disini, Saya berharap semoga artikel di Blog ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

Catatan Pesan :

"Aku tidak pernah tahu hari akhir yang akan ditetapkan untukku, maka kujadikan hari-hariku seluruhnya layaknya hari terakhir, karena bisa saja dan pasti datangnya diantara hari-hariku nanti ada yang menjadi hari terakhir bagiku..."

Yan Sofyanz

    -

02 Oktober 2012

SalafiDB, Sebuah Aplikasi Al-Qur’an

Ini adalah sebuah perangkat lunak Islami terbaik yang pernah saya lihat seumur hidup saya. Aplikasi ini berisi:
  1. Al-Qur’an dan terjemahan dalam bahasa Indonesia
  2. Tafsir Ibnu Katsir (dalam bahasa Inggris)
  3. Shahih Bukhari dalam bahasa Indonesia
  4. Shahih Muslim dalam bahasa Indonesia
  5. Bulughul Maram Imam Ibnu Hajar Al-Ashqalani dalam bahasa Indonesia
  6. Riyadhus Shalihin Imam Nawawi dalam bahasa Indonesia
  7. Hadits Arba’in Imam Nawawi dalam bahasa Indonesia
  8. Kumpulan fatwa ulama Arab Saudi Lajnah Da’imah (dari http://fatwa-ulama.com) berbahasa Indonesia
  9. Kumpulan (mirror) dari situs http://almanhaj.or.id berbahasa Indonesia
  10. Kumpulan e-book berisi penjelasan-penjelasan yang sangat penting untuk umat Islam termasuk menjelaskan pokok-pokok penyimpangan ajaran Islam (ini sangat penting) dalam bahasa Indonesia.
Subhanallah, alangkah mahal aplikasi ini berisikan itu seluruhnya! Saya mengambil faedah yang sangat besar darinya dan aplikasi ini membawa tulisan-tulisan yang mengantarkan saya kepada pertaubatan saya. Aplikasi ini karena berisi itu semua, seakan menjadi ensiklopedi yang sangat lengkap sehingga cukup mengetik apa yang ingin kita tahu dari hadits shahih atau suatu permasalahan semisal bid’ah maka artikel-artikel di dalamnya akan ditampilkan. Suatu keberuntungan besar bagi yang memiliki aplikasi ini untuk memanfaatkannya dalam mencari ilmu!

Saudaraku yang menyusun seluruh sumber tersebut menjadi satu paket aplikasi ini adalah Abu Said, Dr.Eng, M.Eng. Semoga Allah merahmati beliau dan mengaruniakan surga Firdaus baginya kelak. Aplikasi ini Gratis dan tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows, dan MacOS X. Subhanallah, alangkah indahnya persaudaraan Islam! Semoga Allah mengampuni dosa-dosa Abu Said.

Cara Mendapatkan

Unduh saja dari http://salafidb.googlepages.com sesuai sistem operasi Anda (Linux, Windows, atau MacOS X). Untuk Linux, Anda butuh program JDK (Java Development Kit) dan ikuti cara menginstalnya dari situsnya. Aplikasi ini gratis.

Anda juga bisa mengunduh dari tautan Mediafire ini:

Apa Saja Isinya?
Saya ingin sekali memberitahukan kabar gembira ini yaitu isi dari aplikasi ini yang sangatlah penting untuk pengetahuan umat Islam seluruh dunia. Sungguh, alangkah banyak ilmu bermanfaat yang dapat kita ambil dari artikel-artikel di dalamnya. Maaf jika saya cuma bisa memberikan semacam selayang pandangan alias sedikit dari sekian banyak. Langsung saja saya mulai.
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
Kita akan mendapatkan 30 juz lengkap Al-Qur’an ayat-ayat bertulisan Arab berikut terjemahannya bahasa Indonesia ditambah lagi terjemahan bahasa Inggris. Jendela utama berisi isi Al-Qur’an sedangkan daftar isi yang bisa dinavigasi di kiri.

Subhanallah, sebuah keberuntungan besar untuk memiliki aplikasi ini.
  • Tafsir Al-Qur’an oleh Ibnu Katsir rahimahullah
Suatu keberuntungan besar untuk memiliki dan mempelajari tafsir Ibnu Katsir, salah seorang ulama besar tafsir Qur’an yang bermanhaj salafush shalih, apalagi mendapatkan 30 juz tafsir Al-Qur’an lengkap dari beliau. Semua ini dapat kita peroleh gratis dalam aplikasi ini.
  • Shahih Bukhari
Ringkasan Shahih Bukhari ini adalah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani yang diterbitkan oleh Gema Insani Press. Subhanallah, alangkah lengkapnya dan ia berbahasa Indonesia.
  • Shahih Muslim
Kitab Shahih Muslim ini sebetulnya adalah ringkasan yang disusun oleh Syaikh Al-Mundhiri yang sumbernya dari http://hadith.al-islam.com/Bayan/ind/. Sangat lengkap dan siap diambil manfaatnya. Subhanallah, semoga Imam Muslim beserta syaikh diridai oleh Allah dan diberi balasan surga Firdaus olehNya.
  • Bulughul Maram
Kitab Bulughul Maram adalah kitab berisi hadits-hadits Rasulullah yang disusun oleh seorang imam besar Ibnu Hajar Al-Ashqalani. Semua yang ada dalam kitab ini ditulis dalam bahasa Indonesia disertai keterangan derajat haditsnya. Kitab ini berisi hadits-hadits Rasulullah dalam bidang:
  1. Thaharah
  2. Shalat
  3. Jenazah
  4. Zakat
  5. Puasa
  6. Haji
  7. Jual-Beli
  8. Nikah
  9. Pidana
  10. Hukuman
  11. Jihad
  12. Makanan
  13. Sumpah dan Nadzar
  14. Putus Perkara
  15. Budak
  16. Jami’.
Subhanallah, alangkah bagusnya kitab ini. Diharapkan ini akan bermanfaat untuk semua orang yang mengaku mencintai Rasulullah. Sumber yang dijadikan rujukan oleh pembuat aplikasi ini adalah http://assunnah.mine.nu.
  • Arbau’n An-Nawawiyyah
Kitab Arba’un An-Nawawiyyah adalah kitab hadits yang berisi 40 hadits shahih yang berisi pokok-pokok agama Islam. Kitab ini sangat bagus untuk dibaca semua umat Islam yang baru belajar agama atau belajar hadits karena berisi hadits-hadits yang sangat penting seperti yang tampak pada skrinsot di atas. Dalam aplikasi ini, syarah (penjelasan/penjabaran) hadits juga disertakan di bawah setiap hadits yang seluruhnya berbahasa Indonesia. Setiap hadits juga dimuatkan matan berbahasa Arab dan terjemahannya. Diharapkan kitab ini akan dapat diambil manfaatnya oleh semua penuntut ilmu yang ikhlas. Sungguh, Imam Nawawi telah menyusun sebuah kitab kecil yang sangat bermanfaat dan semoga Allah mengampuni semua dosa beliau serta memberikan surga Firdaus kepadanya. Penyusun aplikasi ini merujuk sumbernya pada http://assunnah.mine.nu.
  • Riyadhus Shalihin
Kitab Riyadhus Shalihin ini adalah kitab hadits yang berisi hadits-hadits yang berbicara tentang amal-amal shalih seperti keikhlasan, taubat, ketakwaan, perintah memelihara sunnah, dan banyak sekali lainnya. Ini sangat berguna untuk kita yang ingin petunjuk beramal sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Kitab ini juga disusun oleh Imam Nawawi rahimahullah dan semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepada beliau karena jasa-jasa beliau yang besar keada umat.
  • Artikel-artikel
Inilah yang (saya rasa) sangat dibutuhkan umat karena urgensinya. Bab artikel ini dibagi 3 subbab besar dalam aplikasi ini yaitu Almanhaj, Fatwa Ulama, dan Ebook.
Kenapa bisa begitu? Ya karena keinginan penyusun aplikasi ini adalah menyatukan sumber-sumber dari berbagai situs internet menjadi satu biar umat Islam bisa belajar tanpa harus memiliki koneksi internet (bisa dimaklumi kalau di Indonesia ini tidak semua orang menikmati internet).

Secara pribadi, saya sangat merasa terbantu dengan ini terutama dari Ebook yang di dalamnya ada banyak sekali penjelasan mengenai ajaran-ajaran yang menyimpang dari Islam sehingga saya dapat memahaminya untuk saya hindari. Inilah yang penting itu. Sekali lagi, seluruhnya berbahasa Indonesia. Sungguh kita beruntung karena sebetulnya semua fatwa ulama berbahasa Arab atau paling tidak ya berbahasa selain Indonesia namun sudah ada saudara kita yang menerjemahkannya untuk kita. Ini sangat mahal! Subhanallah, semoga saudara-saudaraku itu dirahmati dan diampuni dosanya oleh Allah serta semoga Allah menghadiahkan surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Saya menginginkan Anda sekalian dapat memiliki ini dan mempelajarinya supaya kita terhindar dari penyimpangan-penyimpangan agama. Demikian saya tunjukkan sedikit.

Almanhaj

Saya tunjukkan beberapa yang sudah saya ambil manfaatnya saja. Di antaranya adalah di dalam bab Almanhaj ini buku Aqidah Empat Imam oleh yang menunjukkan bahwa 4 imam besar kita (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad bin Hanbal) memiliki akidah yang sama dan akidah beliau semua adalah Ahlussunnah wal Jama’ah, bukan Mu’tazilah atau Jabriyyah.

Buku ini ditulis oleh Dr Muhammad Abdurrahman Al-Khumais. Sesungguhnya keempat imam sama-sama menyatakan bahwa Al-Qur’an bukan makhluk melainkan Kalamullah. Imam Abu Hanifah dan Imam Malik melarang ilmu kalam dan berdebat dalam agama. Banyak lagi yang lain dan jika berkenan mengetahui silakan membacanya. Saya letakkan ini di awal karena ini masalah akidah yang memang sepatutnya ditaruh pertama.

Gambar, Lagu, Mainan

Bab ini ada dalam bab Almanhaj dan ini adalah kumpulan fatwa dari ulama-ulama besar Arab Saudi tentang gambar, lagu, dan mainan. Dari sinilah saya mulai mengerti kalau kesukaan saya dulu (musik dan menggambar) adalah salah bahkan salah besar. Fatwa-fatwa yang ada di sini disertai dalil-dalil bukan cuma dengan akal-akalan.

Bahkan di sini ada Pokemon! Mengapa dalam suatu aplikasi yang berisi Al-Qur’an, Hadits, dan fatwa ulama, ada Pokemon? Bukan apa-apa, ini adalah suatu tulisan yang menjelaskan kerusakan besar (kemusyrikan) yang ada dalam Pokemon dan ini sebagai peringatan bagi orang tua agar menjauhkan anaknya sejauh-jauhnya dari Pokemon. Inilah yang juga saya sebut sangat penting. Silakan baca sendiri.

Terorisme

Nah, ini makanya saya tadi menyebut ini penting sekali. Kita bisa dibingungkan dengan tayangan TV atau kabar burung tentang teroris, bahkan yang tidak ngerti akan bilang teroris itu Islam yang sesungguhnya. Itu semua karena kebodohan dan dengan pembahasan di sini, kita akan memahami bagaimana kerusakan paham teroris dan kesalahan besar mereka dalam 2 keyakinan besar mereka: pengkafiran kepada kaum muslimin dan pemberontakan terhadap penguasa kaum muslimin.

Dinyatakan bahwa pengeboman dalam terorisme adalah buah pikir Khawarij, aliran sesat pertama yang muncul dalam sejarah Islam, yaitu aliran yang membunuh Khalifah Utsman bin Affan radhiyallahuanhu. Dari sini, saya sangat mengharapkan seluruh muslimin dapat memahami benang merah terorisme dan bisa membedakan yang teroris dengan yang ahlussunnah. Ini penting sekali untuk kita tahu untuk menghindarinya.

Yang berikutnya ada fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah (ulama besar Arab Saudi) yang menunjukkan kepada kita bahwa bom bunuh diri hukumnya haram dan pelakunya masuk Jahannam selama-lamanya. Di sini syaikh berfatwa dengan membawakan dalil-dalil Al-Qur’an.

Manhaj Salaf

Ini khusus untuk semua manusia yang ingin kebenaran, yang ingin metode beragama Islam yang jelas dan bergaransi (garansi dari Allah[]), yang ingin selamat, yaitu penjelasan bagaimana semestinya orang Islam menjalani agamanya sebaik-baiknya. Bagaimana metode yang benar itu? Ya metode beragama, cara beragama, way of life-nya sahabat Rasullullah, tabi’in, dan orang yang mengikuti mereka sebaik-baiknya sampai hari kiamat. Itulah metode orang salih terdahulu (shalafush shalih) yang sering disebut manhaj salaf. Inilah pemahaman yang harus dimiliki semua muslim dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah yang hanya dimiliki oleh Ahlussunnah Wal Jama’ah dan tidak dimiliki oleh aliran yang menyimpang dari Islam seperti Al-Qaeda. Bagaimanakah berislam yang lurus itu? Di sini akan dijelaskan oleh para ulama yang beragama dengan dalil-dalil yang shahih.

Dimulai dari siapakah firqatun najiyah (golongan yang selamat dari 72 yang tidak).

Ditambah lagi, pengetahuan tentang siapakah ahli hadits sepanjang masa dari ulama ahli hadits zaman dulu hingga zaman sekarang. Ini juga sangat-sangat penting karena seorang muslim mestinya mengerti siapa ulama-ulama mereka agar mengambil penjelasan mereka akan suatu masalah agama.

Sedikit-sedikit kita akan mengenal nama seperti Abdullah ibnu Mubarak rahimahullah, Muhammad bin Ismail Al-Bukhari (Imam Bukhari) rahimahullah, Muhammad bin Hibban rahimahullah, dan lain-lain.

Sufisme

Bab ini ada dalam bab Firaq. Barangkali akan ada yang tidak senang namun bagaimana pun para ulama wajib menjelaskan suatu kemunkaran keada umat agar umat dapat menghindarinya. Ketahuilah, dari artikel di aplikasi ini saya tahu banyak sekali kekeliruan i’tiqad dalam sufisme setelah dulu saya hampir tercebur ke dalamnya (saya berlindung kepada Allah). Saya dulu senang dengan sufisme karena terlihat akan sikap membersihkan hati tetapi setelah mencari kebenaran alhamdulillah saya dapat pandangan yang jelas tanpa sikap marah atau asal menghina.

Bisa disaksikan, dapatkan ilmu yang haq, ketahuilah kebenaran tentang ajaran-ajaran sufi yang di antaranya mengajarkan dari nur Nabi Muhammad-lah alam semesta diciptakan. Bacalah dan belalah Rasullullah-mu dengan ilmu, janganlah dengan kemarahan atau fanatisme.

Selanjutnya, ada bantahan terhadap keyakinan batil yaitu ilmu laduni. Singkat, ilmu laduni itu tidak ada. Saya semata memberikan pengantar untuk kita sekalian mengetahui yang hak dan yang batil. Kita semua cinta Rasulullah dan kita membela beliau dari anggapan-anggapan dusta kepada beliau.

Selanjutnya, ini salah satu yang membuat saya mengatakan sangat penting untuk umat adalah bantahan tegas terhadap keyakinan-keyakinan batil Wahdatul Wujud, Al-Ittihad, Al-Hulul, serta pembagian syariat-hakikat. Ini sutu kewajiban buat ulama supaya umat Islam tahu ini batil dan menghindarinya kalau bisa menumpasnya. Inilah jihad dengan ilmu dan semoga Syaikh Salim Al-Hilali dan Syaikh Ziyad Ad-Dabij diberi surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai oleh Allah. Belalah Nabimu dan agamamu dengan haq untuk meruntuhkan yang batil. Saya sempat tertipu akan syubhat Wahdatul Wujud yang kelihatannya indah lalu alhamdulillah Allah menyadarkan saya. Orang yang mengatakan Wahdatul Wujud sebagai ilmu yang tinggi atau ilmunya orang-orang khusus harus membaca ini semoga kita selamat dunia akhirat. Ini bukan saling menyalahkan tetapi semata saling mengingatkan supaya kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Mayoritas Umat Tidak mengerti Makna Laa Ilaaha Illallah

Tulisan ini ada dalam bab Tauhid Prioritas Utama. Ini juga sangat penting untuk dipahami dan didahulukan yaitu memang umat Islam mayoritas kurang memahami makna syahadat laa ilaaha illallah. Biasanya dulu saya hanya mengartikan hanya “Tiada Tuhan selain Allah” dan berhenti sampai situ saja. Padahal kalimat itu bermakna “tiada sesembahan yang berhak diibadahi melainkan Allah”, berisi pengingkaran (mengingkari sesembahan selain Allah) dan penetapan (yang berhak diibadahi hanya Allah dan tiada sekutu bagiNya dalam peribadatan). Inilah yang mesti diketahui seorang hamba dan dipegang erat-erat. Memang kalimat “tiada pencipta selain Allah” itu benar tetapi bukan itu makna laa ilaaha illallah. Maka haruslah kita membaca bab ini. Tulisan ini besar sekali pengaruhnya terhadap keimanan saya yang dulu goncang sekarang alhamdulillah lebih mantap. Ya karena dapat tambahan ilmu yang bermanfaat, alhamdulillah. Baca ini kalau bisa sebar luaskan. Semoga Allah merahmati Syaikh Muhammad Nashirruddin Al-Albani dan memberikan surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai kepada beliau.

Macam-macam Tauhid

Tulisan ini ada dalam bab Tauhid. Inilah salah satu tulisan paling penting yang begitu berfaedah buat saya. Akhirnya saya pahami bahwa dalam Islam, ada 3 bentuk tauhid yang harus diketahui dan diimani. Yaitu tauhid rububiyah, uluhiyah, dan asma’ wal shifat. Dari sinilah saya mendapatkan pengetahuan yang mantap dan jelas mengenai Allah bukan yang akal-akalan. Ini harus diketahui semua muslim dan semoga jika Anda sedang mencari kebenaran akan mendapatkan kepuasan setelah membaca ini. Semoga Allah merahmati Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan yang menulis ini dan menganugerahkan surga kepada beliau.

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai makna syahadatain oleh Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan. Dari sini dapat kita ketahui tafsiran-tafsiran yang keliru terhadap kalimat laa ilaaha illallah dan memperoleh satu tafsiran yang benar terhadapnya “Tiada sesembahan yang hak melainkan Allah”. Di sini dijelaskan konsekuensi nyata dari pengucapan syahadat ini. Dibahas pula makna syahadat anna Muhammadan Rasulullah: “mengakui secara lahir batin bahwa beliau adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia secara keseluruhan, serta mengamalkan konsekuensinya: menaati perintahnya, membenarkan ucapannya, menjauhi larangannya, dan tidak menyembah Allah kecuali dengan apa yang disyari’atkan.” berikut konsekuensinya yaitu: mentaatinya, membenarkannya, meninggalkan apa yang dilarangnya, mencukupkan diri dengan mengamalkan sunnahnya, dan meninggalkan yang lain dari hal-hal bid’ah dan muhdatsat (baru), serta mendahulukan sabdanya di atas segala pendapat orang. Ini sangat mahal dan penting sekali. Segeralah mengambilnya dan pahami. Kalau bisa sebar luaskan. Pembahasan ini melengkapi pembahasan Syaikh Al-Albani di atas.

Sebenarnya ini masuk fatwa ulama namun ini ada dalam bab Almanhaj. Ini tentang pembajakan perangkat lunak. Dan dari sini saya pahami bahwa saya tidak boleh melakukan pembajakan. Alhamdulillah sekarang saya pakai Linux saja dan ternyata Allah memudahkan jalan saya hingga saya mudah belajar bahkan saya mendapatkan SalafiDB ini ketika mencari aplikasi Linux. Subhanallah, Allah telah menolong saya.

Fatwa-fatwa Ulama

Di sini akan saya beritahukan beberapa fatwa saja yang sekiranya menunjukkan kepada kita semua (yang belum kenal) akan tugas ulama. Biar kita mengenal ulama-ulama Islam dan bagaimana mereka dalam tugasnya.

Membantah Tuduhan: Kaum Muslimin Terbelakang Karena Agamanya

Sebuah tuduhan keji telah terngiang-ngiang begitu lama atau kalau tidak, pola pemberitaan media mengisyaratkan, bahwa umat Islam terbelakang karena agama Islam itu sendiri. Yang memberikan bantahan ini adalah Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah. Silakan baca sendiri.

Suatu penjelasan yang penting juga akan isu-isu yang beredar di masyarakat yang seakan benar tetapi ternyata tidak yaitu masalah berguru. Dalam tulisan ini, Syaikh bin Baz membantah perkataan “siapa tidak berguru maka gurunya adalah setan”. Saya sendiri pernah mengalami ini (diberitahu kata-kata ini) yang akhirnya saya tahu perkataan itu adalah keliru meski yang mengatakannya adalah guru TIK saya.

Selanjutnya ada fatwa mengenai haramnya mencontek dalam ujian. Ini memang tugas ulama menjelaskan ketidakberesan dalam masyarakat agar umat Islam tetap ada di jalan yang lurus. Pembahasan ini diberikan oleh Syaikh bin Baz dan ini memengaruhi saya untuk alhamdulillah tidak was-was menghadapi ujian nasional.

Ebook

Sejujurnya bagian kecil inilah yang saya tunggu-tunggu untuk menuliskannya. Subhanallah, sungguh, bab pertama dari dalam bab Ebook ini (Penyimpangan dan Bantahan) saya ambil manfaatnya yang besar sekali. Dan semua bab dalam Ebook berbahasa Indonesia, alhamdulillah. Apa saja yang ada dalam bab pertama? Ini:

  1. Bai’at Antara Sunnah dan Bid’ah
  2. Di Antara Akidah Syi’ah
  3. Hakikat Tasawuf
  4. Islam Jama’ah/LEMKARI/LDII Sebuah Aliran Sesat Khawarij Gaya Baru
  5. JIL Sebuah Doktrin yang Telah Usang
  6. Mengenal Hakikat Al-Ikhwanul Muslimin
  7. Mungkinkan Sunni dan Syi’ah Bersatu?
  8. Pandangan Tajam Terhadap Dzikir Berjamaah
Semuanya sangat berguna bagi saya dan yang sangat-sangat berkesan adalah nomor 2. dari buku nomor 2 itu saya mengenal sahabat-sahabat Rasullullah dan memahami betapa sesatnya ajaran Syi’ah. Dari buku nomor 2 pula saya mengenal ulama besar Islam yang bergelar Syaikhul Islam, Ibnu Taimiyyah. Seorang muslim sepatutnya mendapatkan penjelasan-penjelasan ini dan memahaminya untuk dihindari. Seluruhnya dibahas rinci (sampai >5 halaman per buku). Suatu keberuntungan besar buat mereka yang sedang mencari kebenaran. Ini bab pertama dari 7 bab.

Bab kedua adalah bab Penting dan Utama. Di dalam sini ada sebuah buku yang mulia, Kitab At-Tauhid karangan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Dimuatkan 41 bab dalam sini. Bacalah kitab ini agar memahami Islam dan menyingkap fitnah yang keliru terhadap Syaikh Muhammad. Saya dapatkan satu hal dari beliau: katakan benar kepada yang benar dan katakan salah kepada yang salah.

Di sini (ringkas saja) ada buku yang membahas khusus toleransi dalam Islam, bunga bank dan riba, makna Ahlussunnah Wal Jama’ah, cara menghukumi keshahihan hadits, cara menafsirkan Al-Qur’an, cara berbakti kepada kedua orang tua (ada 15 bab), dan lain-lain. Semuanya penting.

Akhirul Kalam
Saya sangat mengharapkan aplikasi ini ada di setiap komputer kaum muslimin. Semoga setiap umat yang beruntung memiliki komputer mengarahkan kepemilikannya itu untuk menunjang kegiatan menuntut ilmu syar’i. Semoga ini bermanfaat dan saya siap menanggung risiko diterbitkannya artikel ini. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

***

___________________________

Al-Qur’an Al-Karim Surat At-Taubah ayat 100:

وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللّهُ عَنْهُمْ وَرَضُواْ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.


Baca Artikel Menarik Lainnya di :: Sekedar Berbagi Rasa ::

Artikel SalafiDB, Sebuah Aplikasi Al-Qur’an Dipublikasikan pada hari Selasa, Oktober 02, 2012. Semoga Tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah Wawasan Kita semua. Terimakasih telah berkunjung di Blog ini serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jazakumullahu khoiron.


Next Prev home
Alexa Rank
TopOfBlogs Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary