My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah berkunjung disini, Saya berharap semoga artikel di Blog ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

Catatan Pesan :

"Aku tidak pernah tahu hari akhir yang akan ditetapkan untukku, maka kujadikan hari-hariku seluruhnya layaknya hari terakhir, karena bisa saja dan pasti datangnya diantara hari-hariku nanti ada yang menjadi hari terakhir bagiku..."

Yan Sofyanz

    -

26 April 2012

Bedanya Mata Pria Dan Wanita

Seperti kita ketahui bersama, Kita memang sama-sama tertarik pada hal-hal yang bersifat Visual. Tetapi menurut buku Why Men Don’t Listen and Women Cant Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce, ada beberapa perbedaan antara mata Pria dengan mata Wanita. Ini berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. Berikut perbedaannya :
  • Pandangan Wanita lebih melebar,sedangkan pandangan Pria lebih tajam.
Pria mungkin sering kepergok sedang melirik Wanita lain yang lewat di sebelahnya. Padahal, Wanita juga sering mengagumi Pria tampan yang kebetulan melintas. Bedanya, Wanita tidak perlu menoleh karena jangkauan pandangan Wanita lebih dari 180 derajat. Ini karena mata Wanita mempunyai lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya. 

Mata Pria ukurannya lebih besar dari mata Wanita, dan otak menyusunnya seperti sebuah terowongan. Artinya, Pria bisa meliat lebih jelas, lebih tepat, dan lebih jauh dibanding Wanita. Bisa diartikan pandangan Pria lebih terfokus pada suatu objek.
  • Pria lebih bisa melihat di dalam gelap.
Jangan serahkan tugas membawa kendaraan pada Wanita pada malam hari. Karena, ternyata Pria memang lebih mahir meliat di dalam gelap dibanding Wanita . Ternyata Pria punya kemampuan spasial yang lebih baik di otak kanannya.

Sebaliknya, Wanita biasanya kesulitan melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas seperti ini membuat sebagian besar Wanita sulit menentukan arah laju kendaraan lain di malam hari.
  • Mata Wanita bisa melihat lebih banyak.
Sejak ribuan tahun yang lalu, otak Pria dipersiapkan untuk berburu. Kita harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak kita secara otomatis menyempitkan penglihatan kita supaya bisa memusatkan perhatian pada satu hal yang khusus, misalnya binatang buruan.

Pada Wanita tidak seperti ini. Sebagai spesies yang terbiasa bertugas melindungi sarang atau tempat tinggal, otak Wanita pun terprogram untuk mengolah semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah kenapa Wanita lebih mudah mencari barang hilang dibanding Pria, karena otaknya bisa memproses lebih banyak “gambar” dalam satu waktu dibanding Pria.

Wallahualam-bissawab.
Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya di :: Sekedar Berbagi Rasa ::

Artikel Bedanya Mata Pria Dan Wanita Dipublikasikan pada hari Kamis, April 26, 2012. Semoga Tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah Wawasan Kita semua. Terimakasih telah berkunjung di Blog ini serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jazakumullahu khoiron.


Next Prev home
Alexa Rank
TopOfBlogs Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary