My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah berkunjung disini, Saya berharap semoga artikel di Blog ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

Catatan Pesan :

"Aku tidak pernah tahu hari akhir yang akan ditetapkan untukku, maka kujadikan hari-hariku seluruhnya layaknya hari terakhir, karena bisa saja dan pasti datangnya diantara hari-hariku nanti ada yang menjadi hari terakhir bagiku..."

Yan Sofyanz

    -

13 Desember 2011

Search Engine Optimisation (SEO) Blog

Sebuah template blog tentunya memerlukan edit pada bagian tertentu agar seo friendly, termasuk juga menambahkan beberapa widget untuk mendukung Search Engine Optimisation blog kita. Artinya setelah di edit blog kita akan dapat bersaing untuk menduduki peringkat tinggi di beberapa mesin pencari seperti GoogleYahooBing, dan lainnya.


Mengenai widget tambahan disarankan  menggunakan beberapa widget pendukung untuk blog kita dengan mengacu pada peningkatan seo dan kenyamanan pengunjung ketika berselancar di blog kita tentunya.


Ketika kita menambahkan terlalu banyak kode atau widget yang sebenarnya tidak perlu, bahkan bila widget tersebut berindikasi tidak mendukung konten blog kita, tentunya akan berpengaruh pada optimasi blog. Pasang beberapa widget yang benar-benar dibutuhkan untuk blog kita. Sebagai saran pasanglah widget seperlunya, karena blog bukan sebuah rumah yang akan indah atau terkesan mewah bila ditambah dengan berbagai perabotan. 
Hal mendasar yang harus kita pahami adalah aksesoris apa yang mesti kita tambahkan dan itu tidak membuat loading page blog menjadi berat. Semakin banyak widget maka akan sangat berpengaruh pada loading blog.


Langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah memvalidasi kode CSS template blog. Validasi ini berhubungan dengan penjelajahan spider bot agar mudah mengenali topik blog kita ke mesin pencarian. Terkadang kode yang divalidasi tidak pernah valid dan akan berpengaruh terhadap validasi itu sendiri. Sebagai kesimpulan tidak semua template itu valid, walau ada template valid XHTML, tetapi kadang mempunyai error code. Solusinya bagi Blogger adalah mengurangi kode yang error tersebut, dan seharusnya berbesar hati ketika masih menemukan tidak validnya kode di template kita, yang terpenting tidak terlalu banyak dan bermasalah dengan kinerja spider bot.


Setelah melakukan beberapa  perbandingan perubahan template, baik beberapa blog yang mengupas tentang widget pendukung seo, pengeditan template agar seo friendly, dan juga masalah edit kode untuk mengurangi kerusakan kode ketika kita memvalidasi, ternyata template yang sederhana lebih disukai google. Alasannya spiderbot akan mudah menjelajahi blog kita dan itu akan menjamin optimasi seo kita. Acuannya walau sederhana namun tidak kalah menarik dalam tampilan. Minimal masalah layout akan terlihat rapi dan nyaman dipandang mata. Ikuti langkah berikut untuk memaksimalkan teknik seo di blog anda.

Log in ke blog  >> Klik Rancangan
Klik Edit HTML
Centang Expand Template Widget


Langkah selanjutnya kita akan Memasukkan Kode Validasi Tamplate di W3C
Cari kode <head> lalu hapus semua kode di atas kode tersebut, kemudian ganti dengan kode di bawah ini

Meta Tag di setiap Postingan Secara Otomatis
Ganti Meta Tag di bawah kode semuanya dan ganti dengan Meta Tag di bawah ini. Masih pada kode <head> tadi, hapus semua kode dari kode <head> sampai kode sebelum atau di atas kode <b:skin><![CDATA[/* kemudian ganti dengan kode berikut.

Catatan:
Ganti tulisan DESKRIPSI BLOG ANDA dengan Deskripsi Blog Anda. Misalnya seperti blog ini sekedar berbagi rasa. Isi tanpa menggunakan huruf besar
Ganti tulisan KATA KUNCI BLOG ANDA dengan kata kunci anda dan pisahkan dengan koma, misalnya tutorial, seo, cara, tips, trik, aplikasi blog, templates, keywords, ranking, blog optimization, backlink, widget, gadget, tips seo, trik seo, kata kunci, tips blogging, blogger trik, free directory, trafik, trik blogger, optimasi blog. Ini penting karena akan berhubungan dengan keyword pencarian dan kepadanan konten dengan kata kunci, sehingga akan mempermudah indeksi blog anda dan memasukkan ke mesin pencarian.
Ganti NAMA ADMIN dengan Nama Anda
Ganti NAMA WILAYAH ANDA dengan Nama Kota Anda

Ada beberapa Faktor Pendukung menciptakan blog yang seo friendly diantaranya :

Mengganti garis putus-putus di template blog.
Untuk menciptakan blog yang seo friendly adalah dengan menghapus garis putus-putus pada template blog.

Hapus garis putus-putus seperti di bawah ini
/*- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Blogger Template Style
Name: Minima
Date: 26 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -*/
Hilangkan garis putus-putusnya- - - - - - - - - - - - - - - - - -  */ 


Menjadi seperti di bawah  ini
/*
Blogger Template Style
Name: Minima
Date: 26 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
*/



Menghilangkan Navbar .
Masukkan kode di bawah ini di atas kode <body>
Selanjutnya anda akan di bawa pada tampilan pertanyaan apakah navbar akan dihapus.



Memasang Heading Tag
Cari kode berikut, bila tidak ketemu anda ganti kode h3 dengan h2 menjadi h1


Selanjutnya tambahkan kode berikut di atas kode ]]></b:skin>

Memasang SEO Smart Link
Masukkan kode berikut di atas kode <body>


Keterangan:
Ganti MASUKKAN SATU KATA KUNCI ANDA dengan satu kata kunci yang sering anda gunakan, misalnya tutorial, tips, trick atau yang lainnya. Selanjutnya masukkan alamat blog anda pada kode http://ALAMAT BLOG ANDA.blogspot.com/. Contohnya :http://ALAMAT BLOG ANDA.blogspot.com/ menjadi http://blogspot-http://marscellthebest.blogspot.com/

Menghapus tanda obeng (quickedit)
Cari dan hapus semua kode seperti di bawah ini.

Terakhir klik Simpan Template
Selesai dan kini template anda sudah seo friendly
Selamat mencoba dan sukses selalu

Baca Artikel Menarik Lainnya di :: Sekedar Berbagi Rasa ::

Artikel Search Engine Optimisation (SEO) Blog Dipublikasikan pada hari Selasa, Desember 13, 2011. Semoga Tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah Wawasan Kita semua. Terimakasih telah berkunjung di Blog ini serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jazakumullahu khoiron.


Next Prev home
Alexa Rank
TopOfBlogs Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary