My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah berkunjung disini, Saya berharap semoga artikel di Blog ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

Catatan Pesan :

"Aku tidak pernah tahu hari akhir yang akan ditetapkan untukku, maka kujadikan hari-hariku seluruhnya layaknya hari terakhir, karena bisa saja dan pasti datangnya diantara hari-hariku nanti ada yang menjadi hari terakhir bagiku..."

Yan Sofyanz

    -

01 Februari 2012

Trik Mempercepat Loading Blog Bag II

Dalam membuat blog kurang lengkap rasanya bila kita tidak memasang widget-widget pada sidebar blog. Selain dapat mempermanis tampilan blog, widget-widget tersebut juga mempunyai kegunaannya masing-masing. Namun, jika widget yang dipasang sudah cukup banyak dapat membuat loading blog terasa berat. Loading blog yang terlalu lama berpotensi untuk ditinggalkan pengunjung sebelum membaca artikel di blog kita. Seperti beberapa hari yang lalu pernah saya tuliskan artikel Trik Mempercepat Loading Blog, trik dengan cara Compress Html blog secara keseluruhan. Bisa baca disini.
Ada salah satu trik  lagi yang bisa kita lakukan untuk memperingan loading blog saat pengunjung ingin membaca artikel kita, yaitu dengan membuat beberapa widget yang tidak selalu harus tampil di semua halaman posting, melainkan hanya tampil di Homepage atau Halaman Muka. Sebagai gambaran, jika Anda membuka Homepage blog ini akan terlihat keseluruhan Widget yang ada, tapi coba perhatikan di halaman yang sedang anda baca ini tidak nampak widget Langganan Email dan widget baclink. 


Tertarik dengan trik ini ikuti caranya:
1. Masuk ke akun Blogger Anda.
2. Klik Rancangan > Edit HTML.
3. Klik Download Template Lengkap untuk mem-backup template.
4. Beri tanda centang pada Expand Template Widget.
5. Cari kode widget id untuk judul widget yang ingin ditampilkan hanya di homepage saja (Sesuaikan dengan keinginan). Misalnya, untuk widget yang berjudul Live Counter yang akan kita sembunyikan di Halaman Posting. Kode html tampak seperti di bawah ini:

<b:widget id='HTML10' locked='false' title=':: Live Counter ::' type='HTML'>
<b:includable id='main'> <!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> <b:include name='quickedit'/></b:includable>
</b:widget>

6.Tambahkan kode <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>di bawah kode  <b:includable id='main'> dan kode </b:if>  di atas kode </b:includable> sehingga hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

<b:widget id='HTML10' locked='false' title=':: Live Counter ::' type='HTML'>
<b:includable id='main'><b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> <b:include name='quickedit'/></b:if></b:includable>
</b:widget>

7.Klik tombol Save.

Semoga Bermanfaat

Baca Artikel Menarik Lainnya di :: Sekedar Berbagi Rasa ::

Artikel Trik Mempercepat Loading Blog Bag II Dipublikasikan pada hari Rabu, Februari 01, 2012. Semoga Tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah Wawasan Kita semua. Terimakasih telah berkunjung di Blog ini serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jazakumullahu khoiron.


Next Prev home
Alexa Rank
TopOfBlogs Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary