My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah berkunjung disini, Saya berharap semoga artikel di Blog ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

Catatan Pesan :

"Aku tidak pernah tahu hari akhir yang akan ditetapkan untukku, maka kujadikan hari-hariku seluruhnya layaknya hari terakhir, karena bisa saja dan pasti datangnya diantara hari-hariku nanti ada yang menjadi hari terakhir bagiku..."

Yan Sofyanz

    -

08 Januari 2013

Ketika Asa Kita Membelok

Manusia hanya bisa berdoa dan berupaya, Allah-lah yang menentukan. Kiranya kata-kata bijak ini sangat tepat dan bisa menjadi sebuah perenungan. Dalam kehidupan manusia tentu tak lepas dari mengharapkan sesuatu. Baik sesuatu itu berwujud benda maupun sesuatu yang tak dapat disentuh raga. Hampir dipastikan bahwa manusia berharap sesuatu terjadi sesuai dengan keinginannya.

Namun ada kalanya apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita mengharap sesuatu, namun kenyataan hasilnya bukan apa yang kita inginkan. Pun juga kita berharap agar dijauhkan dari sesuatu, namun ternyata sesuatu itulah yang kita dapat. Dan ketika itu terjadi, maka akan menjadi sebuah ganjalan dalam hati kita. Kita mungkin bertanya kenapa sih harus seperti ini? Kenapa aku tidak bisa seperti orang-orang lain yang mendapatkan hal-hal menyenangkan? Dan beribu tanya yang lain. Mungkin pula kita menghubung-hubungkan dengan hukum sebab akibat. Kita sudah melakukan apa yang menjadi syarat tercapainya sesuatu. Namun toh akhirnya tidak berhasil. Misal kita sudah bekerja keras, sekeras orang lain, namun hasil yang diperoleh boleh jadi tak sama dengan orang lain.

Sebagai orang beriman sudah barang tentu kita harus menyikapi hal-hal tersebut (yg tidak sesuai harapan) dengan iman. Kita harus menyadari bahwa apa yang telah ditakdirkan untuk kita itulah YANG TEPAT dan TERBAIK untuk kondisi kita saat ini. Yakinlah bahwa Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan, sementara kita hanya menduga-duga bahwa kemungkinan apa yang kita minta itu akan membawa kebaikan. Kemudian tumbuhkanlah pemahaman bahwa Allah berbuat sesuai kehendak-Nya. Dan tak seorangpun yang mampu menolak kehendak-Nya. Jangankan seorang, bahkan seluruh makhluk bersatu untuk memberikan bantuan, maka suatu hal tetap takkan terjadi tanpa kehendak Allah.

Jika demikian maka saat kita menjumpai bahwa apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita maka ikhlaskanlah, kemudian yakinlah bahwa inilah yang TEPAT dan TERBAIK untuk kita. Kemudian syukurilah bahwa ternyata kita masih lebih beruntung dari orang lain yang mengalami hal yang lebih menyedihkan dari kita. Dan, jangan pernah menyalahkan takdir Allah.

Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya di :: Sekedar Berbagi Rasa ::

Artikel Ketika Asa Kita Membelok Dipublikasikan pada hari Selasa, Januari 08, 2013. Semoga Tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah Wawasan Kita semua. Terimakasih telah berkunjung di Blog ini serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jazakumullahu khoiron.


Next Prev home
Alexa Rank
TopOfBlogs Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary